Halalbihalal MGMP Sejarah Kota Semarang 1445 H


MGMP Sejarah Kota Semarang mengadakan pertemuan halalbihalal pada Kamis, 2 Mei 2024 di Aula SMAN 1 Semarang. Tujuan dari kegiatan ini adalah mempererat tali silaturahmi dan mempertemukan antar guru - guru sejarah SMA negeri dan swasta di Kota Semarang. Sebanyak 58 guru turut hadir dalam halalbihalal ini. Bapak Kusno selaku pembina MGMP Sejarah SMA Kota Semarang dalam sambutannya mengajak agar semua guru turut hadir dalam pertemuan - pertemuan MGMP. Melalui pertemuan MGMP bapak Kusno berharap agar terjalin hubungan yang baik serta menjadi sinergi positif bagi organisasi. Organisasi MGMP dapat dianalogikan Kerajaan Majapahit yang mengalami keruntuhan akibat kurangnya regenerasi.

Bapak Kusno menambahkan dalam sambutannya, sebagai guru sejarah yang mau meniti karir terdapat dua jalur yang dapat dilakukan yaitu jalur politis dan jalur profesi. Jalur politis seperti kepala sekolah, pengawas dan kepala dinas dapat dicapai guru sejarah salah satunya dengan mengikuti program guru penggerak. Disisi lain, guru sejarah juga bisa meniti karir melalui jalur profesi seperti yang dicontohkan Ibu Ika dari SMAN 14 Semarang yang telah mengawali pemajuan komunitas kesejarahan melalui komunitas SIGARDA Indonesia. 

Dalam paparannya, guru sejarah harus berbangga dengan profesinya. Sebagai guru sejarah setidaknya harus mampu menerapkan guna sejarah yaitu guna rekreatif, guna edukatif dan inspiratif. Selain itu guru sejarah harus memiliki wawasan yang luas agar bisa menjelaskan lebih leluasa kepada siswa dan aplikatif terhadap kehidupan siswa, Acara selanjutnya diisi oleh Ibu Ika Dewi Retno Sari, M.Pd yang menjelaskan tentang materi Pemajuan Komunitas SIGARDA INDONESIA. Acara diakhiri dengan salam - salaman antara pengurus dan anggota MGMP Sejarah Kota Semarang. 

Dokumentasi