Seminar Sejarah Lokal "Perjalanan Historis Pelabuhan Semarang Sebagai Bagian Jalur Rempah Nusantara"

Mahasiswa PPG Prajabatan Sejarah Universitas Negeri Semarang melaksanakan gelar seminar dan pameran berjudul "Perjalanan Historis Pelabuhan Semarang Sebagai Bagian Jalur Rempah Nusantara" pada Jumat, 26 April 2024 di SMAN 14 Semarang. Mahasiswa PPG Prajabatan bekerjasama dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mengangkat sejarah lokal Kota Semarang sebagai wujud kepedulian terhadap sejarah panjang peran Kota Semarang terhadap rempah - rempah di Nusantara. Seminar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Dra. Retno Puspitosari, M.Hum. dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, dan Nanda Julian Utama, S.Pd., M.Hum, Dosen Sejarah Universitas Negeri Semarang serta moderator Nurlina Magfiroh, S.Pd. dari PPG Prajabatan jurusan Sejarah. 

Peserta yang hadir dalam acara ini diantaranya siswa kelas X SMAN 14 Semarang serta delegasi dari empat sekolah yaitu SMAN 3 Semarang, SMAN 12 Semarang, SMAN 13 Semarang, dan SMAN 16 Semarang. Pada acara ini juga digelar pameran hasil kolaborasi berbagai karya sejarah dari siswa seperti miniatur, desain grafis dan poster. Setiap delegasi turut memamerkan karyanya di ruang pameran. 

Dari kegiatan seminar dan pameran ini diharapkan menghidupkan rasa cinta siswa terhadap sejarah lokal Kota Semarang kaitannya peran Kota Semarang sebagai bandar dalam distribusi rempah - rempah di Nusantara. Kajian sejarah lokal semacam ini sangat ditunggu selain untuk menambah khazanah ilmu pengetahuan juga memperkuat kecintaan terhadap sebuah wilayah. Kepala Sekolah SMA Negeri 14 Semarang, Aniek Windrayani S.Pd., M.Pd. menyampaikan harapannya bahwa seminar dan pameran ini akan meningkatkan pengetahuan dan cinta siswa terhadap Kota Semarang yang tercinta.

Dokumentasi





Dokumentasi Video