Webinar Optimalisasi MGMP Sejarah Kota Semarang melalui Komunitas Belajar

MGMP Sejarah Kota Semarang mengadakan kegiatan "Webinar Optimalisasi MGMP Sejarah Kota Semarang melalui Komunitas Belajar" pada 29 Januari 2024 secara daring melalui zoom meeting. Kegiatan ini bertujuan untuk menyesuaikan perkembangan zaman terkait Komunitas Belajar di Platform Merdeka Mengajar (PMM). Kegiatan webinar dibuka oleh sambutan ketua MGMP Sejarah Kota Semarang, Bapak Moch Khoiri, S.Pd., M.Si yang menyambut baik adanya peluncuran komunitas belajar MGMP Sejarah Kota Semarang. Melalui komunitas belajar bapak Khoiri berharap MGMP menjadi lebih berkembang dan semakin maju dalam meningkatkan kompetensi guru sejarah di Kota Semarang.

Pemateri pertama diisi oleh Rahmad Ardiansyah, S.Pd yang menjelaskan tentang pengelolaan kinerja di PMM. Penjelasan pengelolaan kinerja di PMM diarahkan pada substansi pengelolaan kinerja serta mengarah pada pemenuhan poin pengembangan diri terkait dengan komunitas belajar. Pemateri kedua diisi oleh Slamet Wahidin, S.Pd., Gr. yang menjelaskan tentang komunitas belajar dan komunitas praktisi. Menurut bapak Wahidin, komunitas belajar dapat menjadi jembatan guru dalam mengembangkan kompetensi serta mengadakan acara yang bersifat daring. Dalam penjelasannya juga disebutkan bahwa komunitas belajar MGMP Sejarah Kota Semarang dapat bekerjasama dengan berbagai instansi untuk mengisi kegiatan MGMP. 

Sesi akhir dilakukan sesi tanya jawab yang diawali dari pertanyaan ibu Ika Dewi Retno Sari dari SMAN 14 Semarang dan Heri Rohayuningsih, S.Pd dari SMAN 12 Semarang yang bertanya terkait pemenuhan 32 poin dalam pengembangan kompetensi guru. Selain itu ibu Ika Dewi Retno Sari juga menanyakan terkait komunitas belajar yang bersifat keilmuan seperti komunita belajar Sigarda. Acara ditutup dengan kesimpulan dari bapak Bahtiar Rifai yang merangkum pelaksanaan sesi webinar. Harapannya, kegiatan serupa akan berlanjut baik melalui praktik baik dari anggota komunitas belajar maupun mendatangkan narasumber lain di luar komunitas belajar.