Manfaat Cloud Storage dalam Sebuah Organisasi


Perkembangan sistem teknologi komputasi berkembang sangat pesat dalam 15 tahun terakhir. Dari penggunaan komputer jadul hingga ponsel pintar, dari penyimpanan disket menjadi teknologi cloud storage, dari komunikasi melalui radio hingga melakukan tayangan video secara realtime menggunakan panggilan video. Perkembangan teknologi sudah selayaknya mempermudah cara kerja manusia dalam melakukan sesuatu hal. Saat ini, manusia dituntut untuk multitasking dan bekerja secara efektif dan efisien. Dari berbagai perkembangan teknologi salah satu yang menjadi perhatian adalah teknologi cloud computting (komputasi awan). 

Cloud computting atau komputasi awan adalah kumpulan server dan pusat data yang tersebar di seluruh dunia yang menyimpan data. Saat ini terdapat berbagai penyedia layanan cloud computing terutama dalam bidang bidang cloud storage (penyimpanan awan) diantaranya Google Drive, Dropbox, Onedrive dan lain sebagainya. Cloud storage memberikan keleluasan untuk mengakses serta mengunggah berkas. 

Teknologi cloud storage menjadi sangat berguna apabila digunakan dalam penyimpanan sebuah organisasi. Berikut ini adalah alasannya :

  • Dapat diakses dimanapun. Melalui teknologi cloud storage, sebuah dokumen dapat diakses dimanapun tanpa terikat pada perangkat tertentu. Cloud storage dapat menjadi solusi untuk pengaksesan dari manapun.
  • Mudah mengoperasikan. Teknologi cloud storage saat ini tersedia dalam berbagai platform seperti ponsel, tablet dan desktop. Melalui sinkronisasi diberbagai peralatan yang dimiliki seseorang memungkinkan teknologi cloud storage dapat digunakan dimana saja.
  • Mempermudah kerja tim dalam berorganisasi. Melalui cloud storage, seseorang akan dapat dengan mudah mengakses file milik orang lain. Hal inilah yang kemudian didorong berbagai pihak untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi di masa sekarang.
  • Pengelolaan dokumen digital bersama. Cloud storage memungkinkan adanya pengelolaan penyimpanan secara bersama di berbagai peralatan. Hal ini memudahkan pengguna dalam mengelola secara bersama - sama. Sebuah organisasi akan sangat terbantu dengan adanya cloud storage ini.

Melalui kemudahan - kemudahan diatas sudah selayaknya sebuah organisasi memiliki cloud storage sebagai penyimpanan file pada awan. Namun tentu pemanfaatan cloud storage memiliki kekurangan yaitu Rawan data bocor. Apabila sistem yang dibangun tidak memiliki pengamanan atau pengguna mengalami peretasan sangat memungkinkan data yang telah disimpan mengalami kebocoran data.