Pengantar Ilmu Sejarah

Tahukah kalian salah satu makanan khas asal semarang…? Iya Rawon adalah salah satunya. Makanan khas ini familier dengan lidah kita karena aroma yang harum dan rasa yang sedap. Masakan dari bahan potongan daging yang di padukan dengan bumbu rempah khas Indonesia, yaitu campuran bawang merah, bawang putih, lengkuas (laos), ketumbar, kemiri, serai, kunir, cabai, kluwek, garam, serta minyak nabati.. Dalam perspektif sejarah Rawon sudah ada sejak 1.000 tahun lalu ini karena penemuan sebuah prasasti bernama prasasti Taji. Dalam prasasti tersebut rawon disebut sebagai hidangan dengan nama rarawwan.

Sejarah kekayaan kuliner Indonesia yang kaya rempah rempah tentunya tidak dapat dilepaskan dengan sejarah kolonialisme bangsa barat juga. Salah satu tujuan adaya ekspedisi menuju dunia timur adalah mencari repah rempah. Jenis-jenis tanaman yang termasuk kategori rempah diantaranya, cengkeh, kapulaga, ketumbar, lada, pala, kayu manis, jinten, dan kemiri, dalam setiap butirnya rempah rempah meiliki cerita sejarah yang Panjang karena bernilai ekonomis yang tinggi. Hal itu lah yang menyebabkan bangsa barat berkeinginan menguasai nusantara agar bisa di eksploitasi kekayaan alamnya. 

Pernahkah kalian terbersit dalam benak kalian, seadainya Indonesia sejak dulu menyadari nilai ekonomis rempah rempah yang begitu berharga bagi perdagangan Internasional, dan seandainya saja bangasa Indonesia menyadari lebih awal motivasi datangnya bangsa barat untuk menguasai nusantara demi kekayaan alamnya. 

Dalam rangka mencari rempat rempah, ekspeditor banyak merekam aktivitas mereka dan informasi yang diperoleh dalam bentuk Kronik atau catatan perjalanan, sehingga pada generasi berikutnya informasi masi tersebut di rekonstruksi Kembali menjadi sejarah yang sistematis, tentunya menyertakan pelakunya, waktu, ruang atau tempat dan prosesnya. Nah mengambil ilustrasi diatas dapatkah kalian menggali ingatan sejarah hidup kalian …?dapatkah kalian mengidentifikasi ruang dan waktu terkait peristiwa tersebut…? Dan adakah makna yang dapat kalian ambil dari kejadian tersebut…? Untuk memperkuat pemahaman kalian tentang Ilmu Sejarah mari kita belajar tentang hal hal yang berkaitan dengan Ilmu sejarah. 

Materi Pengantar Ilmu Sejarah

Ditulis oleh : Eko Pujiono, S.Pd., S.Kom. (Guru Sejarah SMAN 1 Semarang)