Sejarah Dinasti Sanjaya

1. Letak Dinasti Sanjaya

Sebelum dipersatukan Dinasti Sanjaya memerintah di Jawa Tengah bagian utara. Bukti-bukti berdirinya Dinasti Sanjaya diketahui melalui Prasasti Canggal (daerah Kedu), Prasasti Belitung, Kitab Carita Parahyangan.

Prasasti Canggal (732 M)

Prasasti ini dibuat pada masa pemerintahan Raja Sanjaya yang berhubungan dengan pendirian sebuah Lingga di Desa Kunjarakunja. Lingga tersebut adalah Lambang dari Dewa Siwa. Sehingga agama yang dianutnya adalah agama Hindu beraliran Siwa..

Prasasti Balitung / Mantyasih (907 M)

Prasasti ini adalah prasasti tembaga yang ditemukan di Kedu dekat Magelang, dikeluarkan oleh Raja Dyah Balitung. Dalam prasasti itu disebutkan nama raja yang pernah memerintah pada Kerajaan Dinasti Sanjaya.

Kitab Carita Parahyangan 

Dalam hal ini diceritakan tentang asal-usul raja-raja Dinasti Sanjaya yang berkaitan dengan Kerajaan Sunda-Galuh


2. Kehidupan Politik

Raja-raja Dinasti Sanjaya yang cukup terkenal dalam berkuasa di kerajaan Mataram diantaranya: 

Raja Sanjaya

Menurut Prasasti Canggal (732 M), Raja Sanjaya adalah pendiri Kerajaan Mataram dari Dinasti Sanjaya. Raja Sanjaya memerintah dengan sangat adil dan bijaksana sehingga kehidupan rakyatnya terjamin aman dan tentram. Selanjutnya beliau digantikan oleh Rakai Panangkaran.

Sri Maharaja Rakai Pikatan

Raja yang cukup terkenal adalah Rakai Pikatan. Untuk melaksanakan cita-citanya menyatukan dua dinasti , maka jalan yang ditempuh Rakai Pikatan adalah meminang Putri dari Kerajaan Syailendra yang bernama Pramodhawardani.. Namun hal ini ditentang oleh Pangeran Balaputradewa, sehingga meletuslah perang saudara. Dalam perang itu, Raja Balaputra Dewa dapat dikalahkan dan lari ke Kerajaan Sriwijaya. Kisah tersebut tertulis dalam Prasasti Ratu Boko Dengan demikian, cita-cita Rakai Pikatan untuk menguasai wilayah Jawa Tengah tercapai. Peninggalan Dinasti Sanjaya dapat dilihat dari banyaknya Candi bercorak Hindu seperti Candi Dieng, Candi Prambanan, Candi Gedong Songo dan lain-lain. 

Ditulis oleh : Bahtiar Rifai, S.Pd